Pages

Sunday 25 September 2016

SAMBA (Perangkat Lunak)





SAMBA (Software)


Samba adalah software re-implementasi bebas dari protokol jaringan SMB / CIFS,yang awalnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell. Samba menyediakan layanan file dan print untuk berbagai klien Microsoft Windows dan dapat mengintegrasikan dengan domain Microsoft Windows Server, baik sebagai Domain Controller (DC) atau sebagai anggota domain. Pada versi 4, mendukung domain Microsoft Windows NT Active Directory .


Samba dirilis di bawah Lisensi GNU General Public. Nama Samba berasal dari SMB (Server Message Block), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.Samba berjalan pada kebanyakan Unix, OpenVMS dan sistem Unix-seperti, seperti Linux, Solaris, AIX dan varian BSD, termasuk Apple OS X Server, dan OS X client (versi 10.2 dan lebih besar). Samba adalah standar pada hampir semua distribusi Linux dan umumnya disertakan sebagai layanan sistem dasar pada sistem operasi berbasis Unix lain juga.

Versi Sejarah
Versi 3.0.0, dirilis pada tanggal 23 September 2003, merupakan upgrade besar. Samba mendapatkan kemampuan untuk bergabung Active Directory sebagai anggota, meskipun tidak sebagai kontroler domain. Berikutnya titik-rilis untuk 3.0 telah menambahkan fitur baru kecil. Saat ini, rilis terbaru dalam seri ini adalah 3.0.37, dirilis 1 Oktober 2009, dan dikirim atas dasar sukarela. Seri 3.0.x resmi mencapai akhir-of-hidup pada tanggal 5 Agustus 2009.

Versi 3.1 hanya digunakan untuk pembangunan.
Versi 3.2.0 dirilis pada tanggal 1 Juli 2008. Dengan versi 3.2, proyek memutuskan untuk pindah ke rilis berdasarkan waktu. rilis utama baru, seperti 3.3, 3.4, dll akan muncul setiap 6 bulan. Fitur baru hanya akan ditambahkan saat rilis utama dilakukan, titik-rilis akan hanya untuk perbaikan bug. Juga, 3.2 menandai perubahan dari lisensi dari GPL2 ke GPL3, dengan beberapa bagian yang dirilis di bawah LGPL3. 

Keamanan
Beberapa versi 3.6.3 Samba dan rendah menderita masalah keamanan serius yang dapat memungkinkan pengguna anonim untuk mendapatkan akses root ke sistem dari koneksi anonim, melalui eksploitasi kesalahan dalam panggilan prosedur jauh Samba.

Pada tanggal 12 April, 2016, Badlock, bug keamanan penting dalam Windows dan Samba, diungkapkan. Badlock untuk Samba direferensikan oleh CVE-2016-2118 (samr dan LSA orang dalam serangan tengah mungkin).

fitur

Samba memungkinkan berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan implementasi dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:

    NetBIOS over TCP / IP (NBT)
    SMB
    CIFS (versi yang disempurnakan dari SMB)
    DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC, Network Neighborhood suite protokol
    Sebuah server WINS juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
    PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
    Security Account Manager (SAM) database yang
    Otoritas Keamanan Lokal (LSA) layanan
    Layanan NT-gaya pencetakan (SPOOLSS)
    Server DFS

Semua layanan ini dan protokol sering salah disebut sebagai hanya NetBIOS atau SMB. NBT (NetBIOS over TCP / IP) dan WINS protokol yang usang pada Windows.

Samba set up jaringan saham untuk memilih direktori Unix (termasuk semua yang terkandung subdirektori). Ini muncul untuk pengguna Microsoft Windows sebagai Windows normal folder dapat diakses melalui jaringan. pengguna Unix dapat baik mount saham secara langsung sebagai bagian dari struktur file mereka menggunakan perintah smbmount atau, alternatif, dapat menggunakan utilitas, smbclient (libsmb) diinstal dengan Samba untuk membaca saham dengan antarmuka yang mirip dengan standar baris perintah program FTP. 


layanan Samba diimplementasikan sebagai dua daemon:

 smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan

 nmbd, yang menyediakan layanan nama NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP memerlukan beberapa metode untuk pemetaan NetBIOS nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.


konfigurasi samba dicapai dengan mengedit file tunggal (biasanya dipasang sebagai /etc/smb.conf atau /etc/samba/smb.conf). Samba juga dapat memberikan skrip logon pengguna dan pelaksanaan kebijakan kelompok melalui poledit.


Samba termasuk dalam kebanyakan distribusi Linux dan dimulai selama proses boot. Pada Red Hat, misalnya, script /etc/rc.d/init.d/smb berjalan pada saat boot, dan mulai baik daemon. Samba tidak termasuk dalam Solaris 8, tapi Solaris versi 8-kompatibel tersedia dari situs samba.


Samba termasuk alat administrasi web yang disebut Samba Web Administration Tool (SWAT). SWAT telah dihapus dimulai dengan versi 4.1.


Samba TNG


Samba TNG (The Next Generation) yang bercabang pada akhir tahun 1999, setelah perselisihan antara para pemimpin Tim Samba dan Lukas Leighton tentang arah dari proyek Samba. Mereka gagal untuk mencapai kesepakatan pada pembangunan jalan transisi yang memungkinkan versi penelitian Samba ia berkembang (dikenal pada saat itu sebagai Samba-NTDOM) untuk perlahan-lahan diintegrasikan ke Samba.

Salah satu tujuan utama dari proyek Samba TNG adalah untuk menulis ulang semua layanan NT Domain sebagai proyek FreeDCE.  Membuat tujuan menulis ulang ini sulit adalah kenyataan bahwa layanan semua dikembangkan secara manual melalui jaringan reverse-engineering, dengan terbatas atau tidak ada referensi untuk DCE dokumentasi / RPC.

Perbedaan utama antara dua program yang dalam pelaksanaan PB Domain suite protokol dan layanan MSRPC. Samba membuat semua layanan NT Domain tersedia dari satu tempat, sedangkan Samba TNG telah dipisahkan setiap layanan dalam program sendiri. 



 Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Samba_(software)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com